Purwakarta siapkan perpustakaan digital

Purwakarta, Jawa Barat (ANTARA News) – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta menyiapkan layanan perpustakaan digital untuk memenuhi kebutuhan bacaan digital yang meningkat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

“Upaya menampilkan koleksi buku berbentuk digital ini bagian dari upaya peningkatan pelayanan di perspustakaan,” kata Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Purwakarta Nina Meinawati di Purwakarta, Senin.

“Pokoknya nanti jadi perpustakaan ‘zaman now’. Semua fasilitas kami lengkapi, ada buku berbentuk digital sampai akses internet gratis untuk pengunjung,” dia menambahkan.

Ia menjelaskan bahwa saat ini pembangunan fasilitas pendukung layanan perpustakaan digital telah 100 persen selesai.

“Untuk pengisian konten, masih harus menunggu penyelesaian partisi yang kini baru mencapai 50 persen,” katanya.

Nantinya, ia menjelaskan, para pengguna layanan perpustakaan bisa mengakses buku digital secara daring maupun luring.

Seluruh penyiapan perpustakaan digital, menurut Nina, ditargetkan selesai akhir tahun 2018 dan warga bisa mulai memanfaatkan layanan itu awal 2019.

“Bukunya untuk yang digital nanti ada 600 judul dengan jumlah tiga ribu eksemplar. Digitalisasinya kita sambil berjalan saja dengan kerja sama bersama penerbit,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa layanan perpustakaan konvensional akan berjalan sebagaimana biasa. Warga tetap bisa memanfaatkan koleksi buku perpustakaan konvensional yang mencakup 25 ribu judul buku dengan jumlah 37 ribu eksemplar.

Baca juga:
Perpustakaan Padang Panjang hadir dalam format digital
Layanan Diana di Yogyakarta sediakan ribuan buku digital

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018